About

2NE1 - I Am the Best

Powered by mp3skull.com
Asih Nurhidayati

Pages

Kamis, 30 Mei 2013

Tentang Wali Band

 WALI BAND



BIOGRAFI WALI BAND


Wali Band adalah grup musik yang didirikan tanggal 31 oktober 1999. Grup band yang bermarkas di Ciputat Timur Tangerang selatan bernaung di bawah label Nagaswara. Anggota Wali band semuanya adalah alumni dari UIN Syarief Hidayatullah Jakarta. Selain itu mereka semua adalah alumni pesantren.

Pada awal berdirinya band ini bernama FIERA yang beranggotakan; Fa'ank sebagai Vokalis, Tomi di posisis Drum,  Endang pada Bass. Raden di Gitar II dan Apoy pada Lead gitar. Pada tahun 2007 Endang dan Raden keluar dari Band. Posisi Endang pada Bass digantikan oleh Nunu dan Posisi Gitar II ditiadakan sebagai gantinya ditariklah Ovie untuk berperan sebagai Keybordist. Nama FIERA berganti menajdi wali. Seiring berjalannya waktu akhirnya Nunu dengan alasan tak bisa meninggalkan kesibukannya memilih mundur dari Wali.

Wali pertama kali meluncurkan album pada tahun 2008 lalu dengan single andalannya Dik yang dikemas dalam album berjudul " Orang Bilang". Lagu dik saat itu digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna RBT. Selain lagu itu, Album tersebut juga berhasil menelurkan beberapa lagu hit lainnya seperti lagu Emang Dasa, Orang Bilang, Egokah Aku dan Tetap bertahan. Lagu-lagu tersebut hampir tiap hari wara-wiri di acara musik yang tiap hari tayang di televisi seperti Dahsyat dan juga inbox serta acara musik lainnya.

Pada debut album tersebut wali berhasil menjual kaset sebanyak 225.000 kopi. Angka ini belum termasuk angka penjualan kaset dan cd bajakan yang marak terjadi di Indonesia. Angka penjualan ini menyebabkan Nagaswara sebagai label rekaman yang menaungi mereka menganugerahkan Platinum untuk album tersebut.

Sukses dengan album debutnya, Wali meluncurkan singel baru berjudul " Cari Jodoh ". Single ini menuai sukses luar biasa di blantika musik tanah air. Jika lagu dik digunakan sebagai RBT lebih dari sejuta pengguna HP, maka lagu Cari Jodoh digunakan lebih dari 16 juta pengguna RBT dalam kurun waktu hanya beberapa bulan setelah diluncurkan. Nagaswara kembali mengapresiasi keberhasilan Wali tersebut dengan memberi mereka hadiah Umroh gratis.

Pada moment Ramadhan tahun 2009, Wali menelurkan lagu religi berjudul Mari Sholawatan. Hampir berbarengan dengan dikeluarkannya single tersebut, lagu wali yang berjudul Cari Jodoh telah dibajak oleh pemusik malaysia dan diterbitkan dalam versi remix. Dan saat itu Wali segera melayangkan tuntutan atas penggunaan lagunya tanpa seijin mereka terlebih dahulu.

Wali yang konsisten berada di jalur pop kreatif dengan sentuhan musik melayunya berkibar menjadi salah satu band papan atas Indonesia. Beberapa waktu yang lalu mereka meluncurkan album baru yang berjudul " Aku Bukan Bang Thoyib " Dengan single pertamanya berjudul sama. Pada launching ini Wali banyak melibatkan musisi top negeri ini. Mulai dari Fadli padi, Piyu dan juga Abdee slank ikut menyemarakkan launching album baru tersebut.

Album yang baru dilaunching sekitar 2 bulan itu kini telah melahirkan beberapa hits yang terkenal. Selain lagu Aku Bukan Bang Thoyib, ada lagi beberapa lagu lainnya seperti lagu: Doaku Untukmu Sayang, SEJUTA ( SEtia JUjur dan TAqwa ) serta lagu Sayang Lahir Bathin

Lagu-lagu pada album ketiga mereka ini syarat dengan pesan moral untuk generasi muda yang sedang di mabuk cinta. Pada lagu-lagu tersebut bagaimana Wali mencoba menasehati para muda agar tidak terjerumus pada lembah maksiat lewat lagu.

Karena lagu-lagu pada album itu pula sampai ada yang bilang jika wali adalah band PENDAKWAH. Namu dengan tegas mereka menyangkal sebutan tersebut. Dengan sikap low profile mereka menjawab bahwa lagu-lagu tersebut pada dasarnya untuk mengingatkan diri mereka sendiri agar bisa lebih baik lagi dari hari ke hari.

Pada album ketiga ini lagu Aku Bukan Bang Thoyib merupakan gambaran bagaimana kesetian seorang suami terhadap pasangannya. Bagaimana mereka berjuang untuk mencukupi kebutuhannya tapi tetap ingat sama keluarga.

Sedang pada lagu Sayang Jujur dan Taqwa bagaimana Wali mengingatkan kaum muda untuk tidak terlena pada kehidupan dunia. Tidak terjebaka pada wajah rupawan, harta yang berlimpah tapi ingatlah jika menikah itu bertujuan untuk meningkatkan kadar keimanan kita. Mengajarkan kita bagaimana harus setia, jujur dan taqwa.

Perkembangan musik dari Wali band semakin bagus dan keatif. Bagaimana pada album terbaru mereka mencoba memadukan beberapa alat musik yang baru pada album mereka sehingga terkesan semakin kaya dengan kreatifitas.

Berikut penghargaan yang pernah Wali Band dan Personel Terima

    Faank: 3rd Winner The Best Vocal IAIN se-Indonesia, 2002
    Penghargaan Klik Award untuk Video Clip Ter-request tahun 2009
    Penghargaan 13 th AMI Awards untuk I-Ring Terbanyak tahun 2010
    Special Award dalam SCTV Music Award untuk RBT Terlaris tahun 2010
    Penghargaan SCTV Music Award untuk Lagu Paling Ngetop tahun 2010
    Penghargaan SCTV Music Award untuk Album POP Duo/Band     Ngetop tahun 2010
    Penghargaan 15 th TELKOMSEL untuk The Best Artist Of Digital     Music 2009-2010 pada tanggal 26 Mei 2010
    Penghargaan NAGASWARA untuk 16 Juta Download RBT 2 nd   Album Cari Jodoh tahun 2010
    Inbox Award SCTV untuk Nada Sambung Pribadi Terlaris tahun 2009
    Penghargaan NAGASWARA 2008 untuk 1.000.000 RBT Download     Lagu D.I.K No.1 di Telkomsel, Xl Dan Indosat pada tanggal 22 mei 2008
    Penghargaan INDOSAT Top Download tahun 2009
    Penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia atas rekor Perolehan     RBT terbanyak dalam waktu 4 bulan pada Maret 2010
    Penghargaan 11 Tahun Halo Selebriti untuk “Band favorit Pilihan     Pemirsa Halo Selebriti SCTV” pada tanggal 18 Oktober 2010
    Penghargaan Sahabat Setia SmarTone untuk category My Favorite     Song of 2010 Award di Hongkong pada November 2010
    Penghargaan Sahabat Setia SmarTone untuk category Band of     the Year Award di Hongkong pada November 2010
    Nagaswara Music Award untuk kategori “Most Band Perform” pada     tanggal 7 Desember 2010
    Nagaswara Music Award untuk kategori “Special Award Best     Achievement” pada tanggal 7 Desember 2010
    Indigo Award 2010 untuk kategori “Best Digital Music Band/Duo”     pada tanggal 8 Desember 2010

   
    DAFTAR LAGU-LAGU WALI BAND
   
Daftar Lagu Album 1 - "Orang Bilang"

        Orang bilang
        Dik
        Tetap Bertahan
        Egokah Aku
        Sahabat… Aku Cinta
        Emang Dasar
        Ku Bangga
        Aku Bukan Taruhan
        Maafkan Aku Tak Setia
        Aku Sakit

----

Album 2 - "Cari Jodoh"

Album kedua Wali Band yang bejudul "Cari Jodoh" pada tahun 2009. Lagu Cari Jodoh datang dari curhatan para sahabat. Sehingga, membuatnya tertarik untuk menghadirkan karya yang memang disukai banyak orang dan dihadirkan lewat sentuhan hati dan kejujuran. Tembang Cari Jodoh juga sempat masuk dalam kompilasi SCTV by Request.

Semenjak berhasil bikin "sengatan" di scene musik lokal, band yang kini dimotori oleh Faank (vokal), Apoy (gitar), Ovie (keyboard/synth) dan Tomi (drum), semakin pandai dalam meracik kumpulan nada-nada menjadi terdengar lebih harmonis. Buktinya, di album keduanya ini sejumlah single, "seperti Baik-Baik Sayang", "Yank", "Kekasih Halal", "Puaskah" hingga "Jodi" (Jomblo Ditinggal Mati) hadir dalam lirik dan aransemen yang jujur, jelas, dan easy listening.

Hampir semua lagu-lagu Wali di album ini mewakili kejadian, perasaan, kondisi seseorang, dan segala sesuatu yang sering dialami banyak orang, Karena memang sejak awal, lagu-lagu Wali ingin nya dapat mewakili perasaan setiap orang.

Seperti misalnya lagu Baik-Baik Sayang. Lagu itu sebuah jawaban keseharian orang terhadap teman atau pacarnya untuk menenangkan hati. Kalo Kekasih Halal, tentang harapan seorang cowok mendapat kekasih yang sesuai dengan perasaannya. Sedikit berkhayal sih. Yang heboh mungkin Jodi. Lagu ini tentang kesetiaan. Liriknya agak-agak memprihatinkan karena ditinggal kekasih. Tapi bagaimana caranya harus terdengar bahagia ditengah kesedihan.

Semenjak mendapat respon yang luar biasa, Wali dianggap berhasil menancapkan karirnya di scene musik lokal. Terbukti, empat single yang diluncurkan di album Orang Bilang, yaitu Dik, Egokah Aku, Emang Dasar & Aku sakit berhasil memikat banyak orangnya. Terbukti, angka aktivasi Ring Back Tone (RBT) tembus hingga 4 juta download lebih. Hasil ini tentunya menjadi sebuah prestasi yang nggak bisa dipandang remeh.

Dan ditahun 2010, Wali meraih kesuksesan besar. Kesuksesan lagu Cari Jodoh yang dibawakan band Wali telah melanglang buana di belahan Eropa dan mendapat perhatian dari pecinta musik di sana. Lagu Cari Jodoh, yang versi Inggrisnya berjudul "I no can do", dilantunkan penyanyi Fabrizio Faniello. Menyusul berikutnya, lagu Baik Baik Sayang dari album kedua Wali dengan TOP download kurang lebih 26 juta downloader dan meraih rekor MURI dunia sudah dialihbahasakan dan kembali dinyanyikan juga Fabrizio dengan judul "My heart is asking you". Kesuksesan lagu baik-baik sayang diangkat ke layar lebar berjudul sama dengan lagunya, "Baik-baik Sayang". Film ini berlatar belakang cerita di lingkungan pesantren. Para personel Wali, Faank (vokal), Apoy (gitar), Tomie (drum), Ovie (keyboard) berperan sebagai dirinya sendiri.

Daftar Lagu Album 2 - "Cari Jodoh"

        Cari Jodoh
        Baik Baik Sayang
        Harga Diriku
        Jodi
        Jangan Tuduh Aku
        Kekasih Halal
        Puaskah
        Yank
        Adinda
        Suka Atau Tidak

 ----

Album  Religi "Mari Sholawat"
Pada tahun 2009 WALI Band juga meluncurkan sebuah album bertema religi dengan judul album "Ingat Sholawat". Dengan lagu andalan nya "Mari Sholawat", yang mengambil nafas dari lagu Sholawatan tapi diramu dengan sentuhan pop yang ringan, walaupun ada sedikit sound rock di dalamnya. Dan tetap saja terdapat sentuhan nuansa etnis serta memasukkan lirik jenaka, sehingga lagu ini bisa diterima dengan mudah tapi dengan pesan yang cukup kuat.

Bahkan di album ini, mereka juga meluncurkan idiom-idiom baru, yang juga mempunyai makna dan pesan yang kuat. Seperti tampak di lagu lainnya yang berjudul "Tomat (Tobat Maksiat)". Lagu tersebut juga dipakai untuk soundtrack sinetron "Islam KTP"" di SCTV yang membuat lagu ini semakin disukai dan pesan yang ada di dalam lagu ini semakin mengena dihati masyarakat.

Daftar Lagu Album - Religi "Ingat Sholawat"

        Ya Allah
        Tuhan
        Mari Sholawat
        Tomat (Tobat Maksiat)
        Aku Cinta Allah
        Status Hamba

----

Album 3 - "Aku Bukan Bang Toyib"

"Sayang aku bukanlah Bang Toyib, yang tak pulang-pulang, yang tak pasti kapan dia datang, sabar sayang, sabarlah sebentar, Aku pasti pulang karna aku bukan, Aku Bukan Bang Toyib, sudah tunggu saja diriku di rumah, jangan marah-marah, duduk yang manis ya, Aku lagi sibuk Sayang, aku lagi kerja Sayang, untuk membeli beras dan sebongkah berlian"

Itulah penggalan lirik-lirik jenaka yang dimasukkan band WALI dalam single terbaru mereka, "Aku Bukan Bang Toyib". Single ini sendiri akan menjadi salah satu single jagoan yang dipasang WALI dalam album terbaru mereka. Sebagai label, NAGASWARA berencana merilis album terbaru band yang beranggotakan Apoy (gitar), Faank (vokal), Ovie (keyboard), dan Tomy (drum) di awal tahun 2011. Menurut Apoy, single "Aku Bukan Bang Toyib" dan keseluruhan album terbaru WALI, memiliki benang merah dari konsep album "Cari Jodoh". "Kalau album Cari Jodoh kan banyak berkisah soal kita yang belum punya jodoh saat itu. Nah, di album terbaru ini, lagu-lagu kita akan bercerita seputar persoalan orang yang sudah menikah," kata Apoy, pencipta lagu-lagu WALI.

Salah satunya adalah kisah yang digulirkan dalam single "Aku Bukan Bang Toyib". Siapa pun mafhum, sebutan "Bang Toyib" selalu ditujukan kepada para suami pekerja keras yang lupa pulang ke rumah, lupa kepada anak dan istri. Sebaliknya, meski tergolong ke dalam suami-suami pekerja keras, para personil WALI tak mau disamakan ke dalam jenis "Bang Toyib" di atas. Bang Toyib dalam versi band itu, adalah Bang Toyib yang memang bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan anak istri mereka. "Jujur saja, sekarang istri-istri kita mulai teriak karena kesibukan kita yang luar biasa. Tapi kesibukan kita itu karena benar-benar kerja. Bukan sengaja menjadi Bang Toyib yang lupa anak istri. Artinya sesibuk apa pun, kita pasti pulang ke rumah," terang Apoy.

Namun demikian, secara musikalitas, Apoy memastikan bahwa WALI tidak berubah. Sejak awal, WALI telah sepakat untuk tampil dengan karakter musik yang ringan, agar mudah diterima sebagian besar masyarakat Indonesia. Pilihan ini, tentu saja sebanding dengan kesuksesan besar yang diraih WALI sejak menelurkan album "Cari Jodoh" di tahun 2009. Hingga bulan Desember 2010 ini, WALI telah mencatat pemakaian Ring Back Tone (RBT) dari lagu-lagu mereka di titik 25 juta pengguna. Sulit membayangkan jika ada band lain di Indonesia atau dunia yang dapat melampaui rekor band dari Ciputat, Tangerang Selatan ini. "Hanya saja, ada filosofi tersendiri di album terbaru WALI. Filosofi-filosofi itulah yang sangat mempengaruhi tema dari lagu-lagu yang kita buat," jelas Apoy. Di tengah kesibukan mereka menyelesaikan album terbaru, Faank sang vokalis, sempat merekam suaranya bersama penyanyi asal Malta yang sukses di Eropa, Fabrizio Faniello dalam dua nomor, yakni "Cari Jodoh" ("I No Can Do") dan "Baik-baik Sayang" ("My Heart is Asking You"). Menandai penyelenggaraan NAGASWARA Music Awards 2010 pada 7 Desember lalu, Faank dan Fabrizio kerap tampil berduet dalam beberapa kesempatan.

Daftar Lagu Album 3 - "Aku Bukan Bang Toyib"

        Aku Bukan Bang Toyib
        Aku Tidak Malu
        Doaku Untukmu Sayang
        Langit Bumi
        Masih Adakah
        Nenekku Pahlawanku
        Salam Rindu
        Sayang Lahir Batin
        (SEJUTA) Setia Jujur Dan Taqwa
        Yang Penting Halal

----

Album 4 - "3 in 1 - Cari Berkah Dan Cinta Itu Amanah"  NEW 2012!!

Di bulan September 2012 lalu, Wali Band meluncurkan album terbarunya yang berjudul 3 in 1. Di album ini ada tiga single terbaru  Wali, diantaranya Cari Berkah (CABE) dan Cinta Itu Amanah (CIA) dan Sayang Lahir Batin.

Menurut Apoy, proses terciptanya lirik "Cari Berkah" tidak lepas dari pengalaman panjang kehidupan dia dan rekan-rekannya. Para personil WALI; Apoy (gitar), Faank (vokal), Tomi (drum) dan Ovie (keyboard), semula bukan siapa-siapa. Namun siapa yang bisa menduga,  setiap album yang mereka telurkan mendapat sambutan hangat masyarakat. Saat ini, WALI merupakan salah satu band besar di Tanah Air.

"Intinya, rejeki yang kita dapat selama ini adalah manusia yang jamin, Sementara keberkahannya, hanya Allah yang jamin. Jadi jangan takut berbagi, tidak akan miskin," kata Apoy.

Beberapa lagu hits Wali pun ada di album 3 In 1 ini. Diantaranya Doaku Untukmu Sayang, Nenekku Pahlawanku,Baik Baik Sayang, Harga Diri, Dik, Tobat Maksiat [TOMAT], Puaskah,Emang Dasar,Aku Bukan Bang Toyib, Yank dan Cari Jodoh.


Daftar Lagu Album 4 - "3 in 1- Cari Berkah Dan Cinta Itu Amanah"

    Cari Berkah
    Cinta Itu Amanah
    Sayang Lahir Batin
    Doaku Untukmu Sayang
    Nenekku Pahlawanku
    Baik Baik Sayang
    Harga Diriku
    Dik
    Tobat Maksiat (Tomat)
    Puaskah
    Emang Dasar
    Aku Bukan Bang Toyib
    Yank
    Cari Jodoh


0 komentar:

Posting Komentar