About

2NE1 - I Am the Best

Powered by mp3skull.com
Asih Nurhidayati

Pages

Senin, 13 Mei 2013

Mengatasi Sakit Saat Haids



MENGATASI SAKIT SAAT HAIDS


Mentruasi yang tiap bulan di alami para wanita ni, kerap kali masih mengeluh karna apa ?? karna sakit yang buat golong komeng (apa itu ??? hhaa :D). Nyeri saat menstruasi? Itu adalah gejala yang normal bagi wanita. Namun unuk mengurangi rasa nyerinya ada beberapa cara menghilangkan nyeri. Premenstrual Syndrome atau PMS adalah sejumlah gejala yang muncul satu atau dua minggu sebelum periode bulanan wanita dan dapat berlangsung sampai beberapa hari setelah haid berakhir. PMS mempengaruhi 80% wanita. Gejala-gejalanya dapat berkisar dari ringan sampai berat dan berbeda pada tiap wanita, namun seringkali berupa :

1. Payudara nyeri dan bengkak
2. Sakit kepala
3. Nyeri atau kram
4. Ngidam Makanan
5. Kembung
6. Depresi dan menangis
7. Merasa sakit dan kelelahan

Ada banyak cara alami untuk mengobati kondisi ini. Berikut adalah obat alami untuk mengatasi nyeri haid:

1. Vitamin B1 dan B2
Menurut sebuah penelitian dari University of Massachusetts (dapet sumber dari mana tuh??? ), wanita yang rutin mengkonsumsi Vitamin B1 dan B2 mengalami nyeri haid yang lebih ringan. Penelitian ini juga menemukan bahwa hanya mengonsumsi suplemen vitamin ini saja tidak cukup dan sebaiknya mendapat asupannya dari bahan makanan. Artinya, ada beberapa pengaruh yang sinergis antara vitamin dan nutrisi lainnya dalam makanan.

2. Biji-bijian utuh
Beberapa penelitian telah mengkonfirmasi bahwa vitamin B6 yang ditemukan dalam biji-bijian bermanfaat untuk mengurangi gejala PMS. Jadi tidak perlu berhenti memakan karbohidrat selama haid. Namun wanita perlu memastikan bahwa ia memakan seluruh karbohidrat dalam gandum karena karbohidrat dalam makanan olahan dapat membuat gejalanya menjadi lebih buruk.

3. Kalsium dan Vitamin D
Kalsium dan Vitamin D sangat dianjurkan untuk membantu meringankan gejala PMS jika dikonsumsi sejak dini. Sangat penting untuk meminumnya bersama-sama karena vitamin D membantu penyerapan kalsium. Vitamin paling baik diperoleh dari makanan karena dipengaruhi oleh nutrisi lainnya dalam makanan. Dalam hal ini, suplemen juga akan membantu meringankan gejala depresi, kelelahan, dan hilangnya nafsu makan.


Nah cara lain ni, yang lebih gampang dipraktekkan, dan hemat pastinya, hhee :D.
  • Tempelkan botol berisi air panas atau bantalan panas/hangat pada daerah perut. Rasa hangat dapat mengurangi rasa nyeri.
  • Pijat daerah perut secara perlahan-lahan.
  • Coba tidur terlentang dengan kaki/lutut diganjal dengan bantal.
  • Lakukan olahraga ringan seperti senam, jalan kaki, atau bersepeda pada saat sebelum dan selama haid, hal tersebut dapat membuat aliran darah pada otot sekitar rahim menjadi lancar, sehingga rasa nyeri dapat teratasi atau berkurang.
Hindari menggunakan pakaian yang ketat dan dapat menekan perut saat datang haid.
Sekarang, saatnya saya bocorin sedikit fakta tentang cewek yang lagi mentruasi ni, yang sering banget buat jengkel orang sekitarnya. Hhee :D
  • Emosi tidak stabil – wanita akan cepat marah dan mudah melatah dengan rangsangan persekitaran. Jika tidak diatasi dengan betul ia boleh melarat dan berlakunya “perang dunia ke-3? Hanya lelaki yang bersemangat waja sahaja mampu melayan karenah mereka.
  • Sukar membuat keputusan – ini juga memberi satu masalah kepada individu disekelilingnya. Setiap hari kita perlu membuat keputusan, kesukaran membuat keputusan bukan sahaja merugikan masa wanita tersebut malah kesannya juga dirasai oleh orang lain. Hanya lelaki yang bersemangat waja sahaja mampu melayan karenah mereka.
  • Manja berlebihan – terlalu garang pun tidak ok, terlalu manja pun tidak ok sebenarnya. Ini kerana permintaan untuk bermanja-manja secara berlebihan bukan sahaja menyebabkan ketidakselesaan individu terbabit malahan rasa kurang senang masyarakat sekeliling yang memerhatikannya. Hanya lelaki yang bersemangat waja sahaja mampu melayan karenah mereka.
  • Permintaan yang tidak relevan – kadang-kadang hal ini membuatkan individu yang terlibat (biasanya lelaki la) berfikir apa yang coba dibuktikan sebenarnya? Menguji kesetiaan? Mengkaji kesungguhan? Menilai keikhlasan? Manakan tidak lelaki menjadi mangsa keadaan dengan permintaan yang bukan-bukan, mereka tahu wanita sakit tapi perlukah permintaan yang tidak relevan itu. Untuk menyelamatkan keadaan lelaki terpaksa membuat perjanjiaan setinggi gunung. Hanya lelaki yang bersemangat waja sahaja mampu melayan karenah mereka.
  • Bercakap dahulu baru fikir – ini memang kerap berlaku tidak kira tempat dan masa, kekerapan itu berkali ganda ketika mereka sedang haid, percayalah. Mereka akan mengeluarkan kata-kata indah ataupun yang menyakitkan tanpa berfikir dahulu. Tak percaya? Cubalah sendiri pada teman atau pasangan anda. Lelaki berfikir dahulu baru bercakap, wanita cakap dulu baru berfikir. Hanya lelaki yang bersemangat waja sahaja mampu melayan karenah mereka.


Hheee:D
lucu ya cewek itu ???? tapi geregetin kalo lagi dapet.  Sekian, cuplikan infonya. Semoga bermafaat J

0 komentar:

Posting Komentar