PROPOSAL
PENDIRIAN USAHA
“ASIH
MART”
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL................................................................................................ i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I URAIAN USAHA
1.1 Latar Belakang................................................................................ 1
1.2 Hambatan yang Dihadapi................................................................ 1
1.3 Pemecahan Masalah........................................................................ 1
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
2.1 Data Perusahaan............................................................................. 2
2.2 Biodata Pemilik............................................................................... 2
2.3 Struktur Organisasi.......................................................................... 2
2.4 Susunan Pemilik/Pemegang Saham................................................. 3
BAB III ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1 Produk yang Dipasarkan................................................................. 4
3.2 Gambaran Pasar.............................................................................. 4
3.3 Target atau Segmen Pasar yang Dituju............................................ 4
3.4 Proyeksi Penjualan.......................................................................... 5
3.5 Strategi Pemasaran.......................................................................... 5
3.6 Analisis Pesaing.............................................................................. 5
BAB IV ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
4.1 Analisis Kompetensi SDM.............................................................. 6
4.2 Analisis Kebutuhan dan Pengembangan SDM................................ 6
4.3 Rencana Kebutuhan Pengembangan SDM...................................... 6
BAB V KESIMPULAN DAN PENUTUP
5.1 Kesimpulan..................................................................................... 7
5.2 Saran............................................................................................... 7
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
URAIAN USAHA
1.1
Latar Belakang
Asih mart didirikan sekitar tahun 2011 bulan Agustus di Jl Kihajar
Dewantara 15A Metro dan akan resmi di buka pada 1 Desember 2011.
7Di sekitar daerah tersebut merupakan lingkungan aktif, dimana banyak bangunan-bangunan
sekolah, kos-kosan dan merupakan jalan yang ramai. Sehingga saya mendirikan
Asih mart di daerah tersebut. Karma letaknya yang sangat strategis sehingga
dapat menambah penghasilan kedepan.
Selain itu, Asih mart juga membutuhkan beberapa karyawan yang diambil
dari masyarakat sekitar. Sehingga dapat mengurangi pengangguran di kota Metro umumnya dan
lingkungan sekitar khususnya.
1.2
Hambatan yang Dihadapi
Hambatan yang dihadapi yaitu adanya saingan-saingan/ toko-toko yang
berdiri juga di daerah tersebut. Sehingga dapat mengurangi hasil pendapatan
yang diperoleh.
1.3
Pemecahan Masalah
Dalam menghadapi masalah yang akan kami alami atau terjadi di dalam Asih mart, kami berusaha untuk menyediakan
stok yang akan digunakan dalam jangkau banyak dan segera membeli/mengisi stok
produk jika sudah mau habis.
BAB II
LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
2.1 Data Perusahaan
1. Nama Perusahaan : Asih mart
2. Bidang Usaha : Usaha barang
3. Alamat Perusahaan : Jln. Ki Hajar Dewantara 15A Kota Metro
4. Nomor Telepon/Fax :
(0725)42507/(0725)47296
5. Alamat
Email : asihmart@yahoo.co.id
6. Bank Perusahaan : Bank BRI Cabang Metro
7. Nomor Akte Pendirian : 007241-8828
8. NPWP :
1.415.517.1368
9. Mulai Berdiri :
1 Agustus 2011
2.2 Biodata Pemilik/Pengurus
1. Nama :
Asih Nurhidayati
2. Jabatan :
Manajer
3. TTL : Purbolinggo, 1 Agustus 2011
4. Alamat :
Taman Fajar Kec. Purbolinggo Kab. Lam-Tim
5. No Telepon : 085369111100
6. Alamat Email : asihnur@gmail.co.id
2.3 Struktur Organisasi
2.4 Susunan
Pemilik/pemegang Saham
Nama
|
Nilai
Saham
|
Asih
Nurhidayati
Orang tua
Kakak
|
200.000.000
50.000.000
50.000.000
|
Total
|
300.000.000
|
BAB III
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1
Produk/jasa yang
Dipasarkan
Asih mart kami berusahaan menyediakan berbagai keperluan yang
diperlukan masyarakat sekitar. Produk
yang kami tawarkan juga terjamin, merupakan produk-produk yang baik dan memang
layak diperjualbelikan.
Keunggulan
yang dimiliki:
- Harga terjangkau
- Letaknya strategis
- Barang dijamin baik dan berkualitas
3.2
Gambaran Pasar
3.3
Target atau Segmaen Pasar
yang Dituju
Asih mart menjual produk-produk yang dapat dijangkau semua golongan. Mart
kami mencoba menyediakan produk dengan berbagai variasi harga, dari yang rendah
hingga tinggi agar semua kalangan dapat
menjadi pelanggan kami.
3.4
Proyeksi Penjualan
3.5
Strategi Pemasaran
- Pengembangan Produk
Kedepan Asih
mart akan lebih melengkapi produk-produk yang ada agar pelanggan cukup datang
ke mart kami akan mendapatkan produk-produk yang dibutuhkan.
- Pengembangan Wilayah Pemasaran
Lingkungan
Asih mart sangat strategis, dikelilingi beberapa sekolah, kampus, kos-kosan dan
jalur utama. Sehingga pemasaran diharapkan terus bertambah dan akan
mendatangkan keuntungan yang maksimal sesuai dengan tujuan kami mendirikan mart
ini.
- Kegiatan Promosi
Kami telah
mencoba beberapa bentuk promosi seperti brosur dan iklan di sejumlah radio
Metro dan sekitarnya.
- Strategi Penetapan Harga
Masalah harga,
kami bekerjasama dengan mart-mart besar yang sudah lebih dulu berdiri.
3.6
Analisis Pesaing
Pesaing
|
Keunggulan
|
Kekurangan
|
Toko Berkah
Toko Cantik
|
Letaknya strategis
Menjual kosmetik
|
Pelayanan lama
Produk tidak lengkap
|
BAB IV
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA(SDM)
4.1 Analisis Kompetesi SDM
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah
|
S1
D3
SMA
|
2
3
10
|
4.2 Analisis Kebutuhan dan Pengembangan SDM
Jabatan
|
Tingkat Pendidikan
|
Pengalaman
|
Ketrampilan
|
Manajer
Sekretaris
Kasir
Karyawan
|
S2 EI
S1
D3
SMA
|
10 tahun
2 tahun
1 tahun
-
|
-
Ahli Komputer
-
-
|
4.3 Rencana Kebutuhan Pengembangan SDM
Jabatan
|
Jumlah Kebutuhan
|
Tenaga yang tersedia
|
Tenaga yang harus direkrut
|
Manajer
Sekretaris
Kasir
Karyawan
|
3
2
2
10
|
2
1
1
6
|
1
1
1
4
|
BAB V
KESIMPULAN DAN PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam
mendirikan usaha ini sangat sulit. Tetapi bila kita berusaha dengan
bersungguh-sungguh pasti semua akan terlaksana dengan baik. Lebih baik mencoba
daripada tidak mau berusaha dan kegagalan merupakan awal dari kesuksesan. Oleh
karena itu, kami mohon kritik dan saran yang dapat membangun dan memotivasi
agar usaha ini dapat maju berkembang sesuai dengan tujuan kami.
5.2 Saran
Kami berharap bahwa usaha ini dapat maju dan berkembang
dari tahun ke tahun. Kritik dan saran rekan-rekan sangat kami harapkan agar
usaha kami makin maju dan berhasil.
LAMPIRAN
SIUP
PEMERINTAHAN KOTA METRO
DINAS PERDAGANGAN
KOTA METRO
WALIKOTA
DAERAH KOTA
METRO
SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN
————————————————————
Nomor: SIUP 9393/288/2010
Berdasarkan
keputusan menporpostel Nomor: Km.872/PO/102/MPTT-80 peraturan Kota Metro nomor
21 tahun 1986, keputusan Walikota Metro. Diberikan izin usaha perdagangan dalam
bidang usaha barang
Nama pengusaha : Asih Nurhidayati
Nama perusahaan : Asih Mart
Alamat : Jl. Ki Hajar
Dewantara 15A Kota
Metro
Dengan ketentuan:
- Pemegang SIUP ini wajib mematuhi peraturan yang berlaku
- SIUP ini tidak diperbolehkan untuk dipindah tangankan dengan cara dan dalam bentuk apapun
- SIUP ini berlaku dalam jangka waktu yang tidak terbatas sepanjang belum ada ketentuan lain yang mengatur lebih lanjut.
SITU
SURAT IZIN TEMPAT USAHA
PEMERINTAHAN KOTA MADYA DAERAH TINGKAT 1 METRO
SURAT
IZIN
No.278/1085/RI Tahun 2010
WALIKOTA MADYA KEPALA DAERAH TINGKAT 1 KOTA METRO
Membaca : Surat permohonan 13 April 2011 dari saudari Asih
Nurhidayati dalam hal berada dan untuk
atas nama sendiri untuk memperluas/memperoleh/memperpanjang izin tempat usaha
kami dengan nama “Asih Mart”.
Memperhatikan : Hasil sidang tim
rekomendasi surat izin tempat usaha
Mengingat : 1. UU No. 09 Tahun 1979 tentang pokok-pokok
pemerintah daerah.
2. Peraturan pemerintah No. 10 Tahun 1984 tanggal
5 Agustus 1984 tentang analisa mengenai
dampak lingkungan.
MENGIZINKAN
Kepada
Nama Pemilik : Asih Nurhidayati
Alamat : Taman
Fajar Kec. Purbolinggo Kab. Lam-Tim
Nama Perusahaan : Asih Mart
1)
Pengusaha diwajibkan untuk melengkapi izin-izin lain yang
berkait dengan jenis atau bentuk usaha dari instansi yang berwenang.
2)
Dalam menjalankan usaha pemilik yang bersangkutan wajib
menaati syarat-syarat sebagai berikut:
- Ketertiban
- Keamanan
- Kesehatan
- Kebersihan
Dikeluarkan di : Metro
Pada tanggal : 2
November 2011
An. Walikota Madya Metro
Kepala Bagian Perekonomian
ARMANTO
SURAT PERNYATAAN IZIN TETANGGA
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda
tangan dibawah ini kami masyarakat yang berada di Jl. Ki Hajar Dewantara 15A
Kota Metro. Sekitar dari Asih Mart milik saudari Asih Nurhidayati, dengan ini
menyatakan tidak keberatan atas berdirinya Mart tersebut.
No
|
Nama
|
Alamat
|
Tanda Tangan
|
1
2
3
4
|
Johan
Muhammad
Harry
Mulyady
|
15A
15A
15A
15A
|
Mengetahui:
Ketua RT Ketua
RW
J O H A N S
U D A R T O
Mengetahui;
Camat Metro
M. HENDRA
NPWP
DEPARTEMEN KEUANGAN REPUBLIK
INDONESIA
DIREKTUR JENDRAL POKOK
KANTOR PELAYANAN PAJAK METRO
Kantor Nomor Pokok Wajib Pajak
No Reg: 007241-7735
Nama : Asih Nurhidayati
Alamat : Taman
Fajar Kec. Purbolinggo Kab. Lampung Timur
NPWP : 1.415.517.1368
Kepala Kantor Pelayanan
Pajak Metro
Fadilah Aries Pratama
NIP: 410-756-212
0 komentar:
Posting Komentar